Mengolah Rasa Nusantara Untuk Diplomasi Kuliner di Mancanegara

By Admin

nusakini.com--Memperkenalkan keindahan Indonesia tidak hanya melalui pagelaran seni tari atau pameran pariwisata, tetapi juga melalui beragam rasa masakan khas Indonesia. 

Diplomasi kuliner merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan Indonesia sebagai negara yang kaya seni dan budaya melalui keragaman aroma dan rasa. Dengan demikian sudah menjadi keharusan untuk memasukkan kegiatan promosi gastronomi sebagai salah satu agenda diplomasi Indonesia di luar negeri. 

Untuk memperkaya pengetahuan tentang kuliner nusantara, para peserta Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (Sesdilu) angkatan ke-58 mendapatkan sesi pelatihan memasak makanan Indonesia di Almond Zucchini Cooking Studio, Jakarta akhir pekan lalu.

Pada sesi pelatihan tersebut, para diplomat muda peserta Sesdilu ke-58 mendapatkan tantangan untuk mengolah resep kuliner dari Pulau Dewata, Bali, yaitu nasi campur lengkap dengan sate lilit, ayam pelalah, jukut urap, sambal matah, dan dadar gulung sebagai menu penutup. 

Masakan khas Bali adalah salah satu hidangan yang teknik pengolahannya cukup rumit dan menggunakan beragam bumbu dan rempah khas Indonesia. Namun jika dapat diolah dengan benar dapat menyajikan hidangan yang kaya rupa, aroma, dan rasa, yang tidak kalah dengan hidangan Internasional. 

Mendorong kuliner nusantara sebagai industri kreatif untuk dikembangkan di mancanegara adalah salah satu tantangan bagi para diplomat Indonesia 

​Tantangan lainnya adalah bagaimana menghadirkan rasa otentik dengan bumbu dan rempah Indonesia yang ribuan kilometer jauhnya dari tempat mereka bertugas.​ (p/ab)